Tempat Wisata Alam Curug di Bogor yang Murah Meriah dan Asri Banget

Kota Bogor adalah salah satu dari sekian banyak kota yang memiliki kemajuan cukup cepat. Kota Bogor juga dikenal dengan sebutan Kota Hujan, karena memang intensitas hujan di Bogor sangat tinggi.

Di balik kemajuan yang begitu pesat ternyata bogor memiliki beberapa tempat wisata alam keren yang patut dikunjungi, hal ini terbukti dengan keramaiannya yang naik drastis ketika akhir pekan.

Nah pada kesempatan ini saya akan kasih tau tempat wisata di Bogor yang keren, murah, atau bahkan gratis. Berikut ulasannya.

Tempat Wisata di Bogor

tempat wisata bogor
tribunnews.com

Selama ini kebanyakan dari kita mungkin hanya berpikir bahwa tempat wisata di Bogor yang bagus hanya puncak saja, eitss jangan salah sangka dulu karena kali ini kamu bakal tau ternyata banyak sekali wisata alam maupun wisata kuliner seperti catering bogor, warung talas bogor, dan lain-lain yang patut dikunjungi.

Wisata Alam Bogor Air Terjun atau Curug

wisata bogor
hipwee.com

Liburan di curug merupakan salah satu pilihan utama pariwisata di Kota Hujan ini. Kecuali keadaan alamnya yang benar-benar menawan, curug yang ada di Bogor sangatlah banyak. Bukan hanya satu atau dua curug saja, tetapi belasan dan mungkin saja puluhan. Mengapa begitu? Sebab beberapa potensi wisata curug masih belum terekspose.

Di Bogor sendiri curug termasuk salah satu obyek tamasya unggulan yang menjadi incara para wisatawan. Suasana dan kondisi alamnya juga akan membuat kamu betah berlama-lama.

Udaranya adem, airn segar, dan kamu juga bisa bermain air sepuasnya. Lalu apalagi yang kamu cari?

Wisata air terjun Bogor akan menjadi opsi yang pas bagi kamu yang benar-benar ingin berekreasi menyegarkan pikiran atau mencari inspirasi baru. Penasaran apa saja air terjunnya? Silakan cek daftar tamasya air terjun di Bogor berikut ini:

Curug Country

  • Alamat: Tanjungrasa, Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat 16840
  • Jam Operasional: 08.00-18.00
  • Tiket Masuk: Rp20.000,-
  • Cara ke Sana: Dari Cibubur, ambil arah ke Jonggol dan terus menuju Pasar Cariu.
  • Setelahnya silakan bertanya ke penduduk lokal arah menuju lokasi.

Curug atau air terjun merupakan fenomena alam yang luar biasa. Melainkan dikala cucuran air itu jatuh dengan menelusuri dinding tebing yang eksotik, entah kata apa lagi yang bisa membuktikan estetika tersebut.

Di Curug Country, atau yang umum disebut sebagai Niagara Mini, kamu bisa menikmati fenomena alam yang benar-benar istimewa tersebut. Cucuran air dari tebing bagian atas yang tak terlalu tinggi dan deras, mewujudkan pemandangan yang top banget.

Hebatnya lagi, alam juga menawarkan sebagian titik yang bagus untuk sekedar mengambil gambar, bagus dari atas, samping atau malah dari depan curug itu sendiri.
Tapi, peringatan keras buat kamu yang ingin berfoto. Kewaspadaan tinggi sepatutnya dimiliki karena bebatuan yang licin.

Curug Leuwi Cibaliung

  • Alamat: Jl. Raya Gn. Pancar, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
  • Tiket Masuk: Rp15.000,- untuk masuk wilayah Leuwi Hejo dan Rp5.000,- untuk masuk ke Leuwi Cibaliung.
  • Cara ke Sana: Dari Jakarta mengarah ke Jungle Land dan menuju ke Curug Luewi
  • Hejo. Ikuti jalur sesuai petunjuk.

Menghabiskan waktu di Curug Leuwi Cibaliung merupakan suatu keharusan. Bukan hanya sebab suasananya, tetapi juga karena atmosfer yang ada di sana.

Air yang jernih dan dingin, mengundang siapa malah yang datang untuk langsung bermain di dalamnya. Kontur bebatuan juga menimbulkan sensasi tersendiri, dan dapat menjadi titik foto yang bagus, tergantung angle pengambilan gambar.

Jika kamu takut atau nggak mau mandi di curugnya, jangan khawatir, bersenang-bersenanglah di sekeliling curug juga menjadi pengalaman yang menarik. Sejumlah spotnya juga baik untuk background selfie atau wefie.

Air Terjun Cilember

Aalamatnya ada di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor terdapat Curug Cilember. Jaraknya 20 km atau sekitar 1,5 jam dari Kota Bogor.

Sebab berada di kawasan Wahana Liburan Curug Cilember di ketinggian 800 – 900 mdpl, tak heran apabila udara di sekitar air terjun sangat sejuk. Aliran air terjun di Puncak Bogor ini jernih dan juga segar.

Uniknya, curug ini memiliki tujuh buah tingkat air terjun di daerah yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ini disebut juga dengan nama Curug 7 Cilember. Jeram yang tertinggi yakni 40 meter, penamaannya juga memakai angka, semakin tinggi letak air terjunnya, karenanya akan semakin kecil angkanya.

Selain itu, kamu juga bisaberkunjung ke Taman Kupu-kupu dan juga Taman Konservasi Kupu-kupu. Lokasinya berdekatan, cuma saja Anda akan dikenakan tiket masuk ke Taman ini sebesar Rp 5.000,- per orang.

Curug Beret

Curug setinggi sekitar 30 meter ini berada di kaki Gunung Pangrango, cukup terpencil dan masih jarang dikenal. Lokasi tepatnya di Kampung Lemah Neundeut, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, dekat dengan wilayah Bumi Perkemahan Baru Bolang.

Lokasinya sangat sulit dijangkau, malah dianjurkan untuk memakai kendaraan roda 2. Setelah itu harus dilanjutkan menelusuri jalan setapak yang cukup terjal selama 20 menit. Tiket masuknya sebesar Rp1.500,- saja per orang.

Curug Seribu

Tempat Air Terjun di Bogor ini setinggi tiga kali lipat curug sebelumnya, yakni mencapai 100 meter, debit airnya besar. Letaknya ada di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Masuk menuju lokasi tamasya ini cukup susah, kamu seharusnya menyiapkan kekuatan yang lebih ekstra. Ada empat jalur yang dapat kamu pilih, jalanan Cemplang (Cibungbulang)-Pamijahan-Salak Endah umumnya lebih banyak di pilih.

Medannya lebih gampang, dan waktu tempuhnya lebih sedikit. Utamakan keselamatan dikala berada di Curug Seribu ya! Tebingnya bisa saja lonsor. Karcis masuknya murah meriah, cuma Rp3.000,- per orang.

Selain tempatnya indah dan susah curug seribu juga terkenal dengan mistisnya loh! hehehe, masih mau coba?

Air Terjun Cigamea

Curug ini terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor dan masih dalam Kawasan Liburan Gunung Salak Menawan. Ada dua air terjun disini, salah satu diantaranya lebih dekat dengan jalan masuk.

Jarak kedua air terjun yang ada disini sekitar 30 meter. Air terjun yang kedua terletak diantara celah tebing dan tumpahan airnya juga lebih deras. Lantaran airnya yang bersih dan bening, Curug Cigamea Bogor ini sangat menggoda untuk basah-basahan bermain air.

Jika kamu ingin ke sini tak perlu khawatir karena jalannya nggak terlalu susah, dari pintu masuk hanya sekitar 700 meter dengan waktu tempuh sekitar 10 menit saja. Medan jalannya juga tidak ekstrim.

Curug Naga

Kamu bisa ke tempat dengan jarak tempuh selama 1/4 jam dari Ibukota Jakarta. Air terjun di sana dikenal juga sebagai tempat untuk body rafting, untuk sampai ke lokasinya saja kamu harus menyusuri sungai sepanjang 100 meter.

Lokasi Curug Naga dekat dengan Curug Panjang sebab masih berada di aliran air yang sama. Airnya begitu bening dan kolamnya cukup dalam, bisa kamu pakai untuk berenang juga berlompatan kedalamnya dari tebing atau dinding di atas curug.

Untuk bisa sampai ke tempat kamu wajib reservasi terlebih dahulu, maklum saja, akan ada beberapa persiapan untuk river tubing.

Ini hanyalah beberapa saja dari obyek wisata curug bogor, sebenarnya terdapat banyak sekali yang bisa kamu kunjungi, namun cukup ini saja yang bisa saya tuliskan. Selamat berlibur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *