teknik menggunakan kamera

Teknik Dasar Menggunakan Kamera yang Harus Kamu Ketahui

Saya yakin pasti siapapun bisa menggunakan kamera video. Akan tetapi, kualitas gambar dari hasil yang didapatkan antara pengguna amatir dengan kameramen profesional tenten berbeda jauh.

Memang tidak perlu keahlian khusus untuk mengoperasikan kamera, akan tetapi ada beberapa teknik dasar yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan kamera.

Apa saja teknik dasar tersebut, yuk simak ulasan berikut ini.

Cara Menggunakan Kamera

cara menggunakan kamera
imgur.com

Jika kamu tidak menggunakan bantuan tripod sebagai penyangga, maka kamu harus menjaga kestabila kamera agar tidak gerak saat mengambil bola.

Bagaimana supaya kamera bisa stabil? Ada beberapa point yang perlu kamu perhatikan.

Pertama, letakkan tangan kanan kamu melewati handle di samping kanan kamera untuk menjaga kestabilan kamera.

Kedua, supaya posisi kamera lebih stabil, gunakan tangan kiri kamu untuk menopang beban kamera sehingga berat dari kamera tidak hanya di tumpu oleh tangan kanan saja.

Ketika kamu menggerakan kamera mengikuti pergerakan objek yang akan direkam, pastikan pergerakan kamera tetap pada garis datar (horizontal) sehingga gambar yang terekam tidak goyang atau blur.

Jika kamera kamu memiliki fitur image stabization (kestabilan gambar), aturlah supaya fitur tersebut selalu dalam keadaan aktif.

Mengatur Fokus

mengatur fokus kamera
youtube.com

Teknik paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatur fokus adalah dengan menyalakan fitur auto focus pada kamera mu.

Fitur ini bisa berfungsi untuk mengunci objek yang sedang direkam oleh kamera. Akan tetapi, ketika kamu menggunakan fitur ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan supaya kamera kamu tetap fokus pada objek, yaitu perubahan jarak antara kamu dengan objek, perubahan cahaya, dan perubahan frame atau gerakan lain di luar objek.

Cara mengatasi problem perubahan fokus ini, kamu bisa menggunakan fokus manual. Dengan menggunakan fokus manual bisa memberikan kontrol artisitk dalam proses penyesuaian fokus secara tepat.

Mengatur Zoom

teknik menggunakan kamera
pixabay.com

Pengaturan zoom pada pamera diguakan untuk mengambil gambar ojek yang jaraknya cukup jauh dengan kita. Sehingga, gambar terlihat lebih besar meskipun jarak antara kita dengan objek cukup jauh.

Akan tetapi, jika jarak objek dengan kamu tidak terlalu jauh, maka kamu tidak perlu menggunakan fasilitas ini.

Seacara umum, kontrol zoom pada kamera video dinotasikan dengan huruf “W” untuk mengambil gambar yang lebar, sedangkan huruf “T” dinotasikan untuk mengambil gambar yang sempit.

Menyesuaikan Exposure

teknik menggunakan kamera
ytimg.com

Teknik Exposure merupakan teknik mengaturan jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamera saat proses perekaman atau pengambilan gambar sebuah objek.

Untuk mendapatkan hasil yang normal dari segi pencahayaan dalam arti tidak terlalu gelap atau terang, kamu harus memperhatikan 3 faktor, yakni :

  • Keceptan bidik (shutter)
  • Diafragma atau selaput pada lensa (aperture), dan
  • Gain.

Mengaktifkan mode auto pada kamera sangat mempengaruhi pengaturan otomatis ketiga foktor yang disebutkan di atas.

Akan tetapi, ketika kamu menggunakan mode manual, maka settinglah kecepatan bidik dan besar lubang selaput lensa sesuai kebutuhan.

Sedangkan faktor yang lain seperti gain berperan saat pengambilan gambar ketika kondisi lingkungan dalam keadaan kurang cahaya atau dalam sebutan formal disebut under exposure secara digital, tetapi akibat yang bisa ditimbulkan adalah gambar bisa menjadi agak pecah.

Beberapa teknik menggunakan kamera tersebut harus benar-benar kamu perhatikan supaya gambar yang kamu dapatkan bisa maksimal.

Ketika kamu bisa kamu sudah mengusai teknik dasar tersebut, langkah untuk menjadi foto grafer atau kameramen profesional sangatlah mudah.

Jika kamu memiliki kamera di rumah, kamu bisa mulai latihan membuat menggunakan kamera dengan membuat video lucu, video blog, ataupun jenis video lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *