Kebiasaaan Menyongssong Kelahiran Bayi Khas Indonesia

Dalam menyambut kelahiran bayi orang jawa mempunyai beberapa upacara khusus yang sering dilaksanakan. Beragam upacara ini memiliki tujuan sebagai pencerminan perasaan terima kasih kepada karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa berupa momongan yang menjadi harapan tiap-tiap keluarga.

Selain sebagai sebuah bentuk rasa syukur, beraneka upacara adat jawa untuk menyambut kelahiran bayi biasanya juga dilakukan sebagai salah satu wujud doa agar si jabang bayi dan keluarganya tetap diberi kesehatan, rahmat dan kemakmuran oleh Sang Pencipta.

Berikut ini sejumlah upacara adat jawa yang dijalankan sewaktu kelahiran bayi, yakni:

1. Memendam Ari-ari

Ari-ari dalam medis merupakan sebuah organ yang berguna untuk menyalurkan beraneka nutrisi dan oksigen dari ibu ke janin yang ada di dalam perut. Melalui ari-ari termasuk zat-zat antibodi, segala jenis hormon dan gizi dialirkan supaya janin dapat tumbuh dan berkembang menjadi bayi.

Untuk masyarakat jawa ari-ari mempunyai “jasa” yang cukup besar sebagai batur bayi (sahabat bayi) sejak dalam kandungan. Oleh karena itu semenjak fungsi utama ari-ari berakhir kala bayi lahir, organ ini akan terus dirawat dan dikubur sedemikian rupa sehingga tidak dimakan binatang ataupun membusuk di tempat sampah. Acara mendhem ari-ari ini kebanyakan dilaksanakan oleh sang ayah, dikubur di dekat pintu utama rumah, diberi pagar bambu dan lampu yang berbentuk lampu minyak dalam waktu 35 hari (selapan).

2. Perayaan Brokohan

Brokohan merupakan salah satu upacara kebiasaan jawa untuk menyongsong kelahiran bayi yang dijalankan satu hari setelah bayi lahir. Kata Brokohan sendiri diambil dari kata barokah-an, yang berarti meminta berkah dan keselamatan untuk kelahiran bayi.

Dalam acara ini umumnya tetangga-tetangga dekat dan sanak saudara berdatangan berkumpul sebagai bukti ikut puas terhadap kelahiran bayi yang dapat terjadi dengan lancar. Tak sedikit tetantangga-tetangga yang memberi bermacam-maam oleh-oleh seperti kebutuhan bayi dan makanan buat keluarga yang melahirkan.

3. Perayaan Puputan

Upacara puputan dilaksanakan saat tali pusar yang menempel terhadap perut bayi telah putus. Pelaksanaan upacara ini umumnya berupa kenduri memohon terhadap Tuhan YME supaya si anak yang udah puput puser senantiasa diberkahi, diberi keselamatan dan kesehatan. Orang tua masa pernah melaksanakan upacara puputan dengan sediakan share macam sesaji, tetapi masyarakat jawa modern kebanyakan acara puputan dibuat sejalan dengan upacara sepasaran ataupun selapanan, perihal ini bergantung kapan tali pusar putus dari pusar bayi.

4. Sepasaran

Sepasaran menjadi suatu upacara adat jawa yang dilaksanakan sesudah lima hari semenjak kelahiran bayi. Dalam upacara tersebut pihak keluarga mempersilahkan tetangga sekitar beserta keluarga besar untuk turut mendoakan atas bayi yang sudah dilahirkan. Acara sepasaran secara sederhana biasanya dikerjakan dengan kenduri, bagi yang memiliki rezeki yang lebih kebanyakan melaksanakannya layaknya orang yang mempunyai hajat (mantu). Adapun pokok dari upacara sepasaran ini adalah pesta selamatan sekaligus mengumumkan nama bayi yang telah lahir.

 

5. Perayaan Selapanan

Selapanan dijalankan 35 hari (selapan) pasca kelahiran bayi. Upacara selapanan ini dilangsungkan dengan kronologis Acara hajatan weton (kenduri hari kelahiran), penggutingan rambut bayi sampai plontos dan pengguntingan kuku bayi. Penggutingan rambut serta kuku ini bertujuan untuk menjaga kesehatan bayi sehingga kulit kepala dan jari bayi senantiasa bersih. Sedangkan syukuran selapanan ditujukan sebagai ungkapan syukur atas kelahiran bayi, sekaligus doa supaya di masa depan si jabang bayi tetap dikaruniai kesehatan, lekas besar, dan berbagai doa kebaikan lainnya.

6. Aqiqah

Percampuran dua budaya Jawa denganIslam sangat tercermin pada perayaan Aqiqah. Upacara yang dilaksanakan sehabis melewati kurun tujuh hari pasca kelahiran bayi itu umumnya dilaksanakan bersama dengan penyembelihan binatang kurban yang berupa kambing. Jikalau anak yang dilahirkan laki-laki biasanya menyembelih dua ekor kambing, dan kalau anak yang lahir adalah perempuan maka akan menyembelih 1 ekor kambing. Untuk lebih efisien sekarang orang-orang dapat mencari informasi mengenai daftar harga aqiqah surabaya di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *